Senin, 17 Maret 2014

Fashion Negeri Cinta (Paris)

Fashion itu. . . 
Dalam Mengikuti Fashion (1794), James Gillray karikatur seorang tokoh tersanjung oleh gaun pendek bodiced kemudian di fashion, kontras dengan sosok seorang peniru yang tidak tersanjung.
Fashion, istilah umum untuk gaya sedang populer atau praktek, khususnya di pakaian. Istilah yang lebih teknis, kostum, telah menjadi begitu terkait di mata publik dengan “mode” istilah yang lebih umum istilah “kostum” telah digunakan populer sebagian besar telah diturunkan ke indera khusus seperti kostum atau memakai masquerade, sedangkan istilah ” mode “berarti pakaian pada umumnya, dan studi itu. Untuk melihat lintas-budaya yang luas di pakaian dan tempatnya dalam masyarakat, lihat entri untuk pakaian, kostum dan kain. Sisa dari artikel ini berkaitan dengan mode pakaian di dunia Barat.
Pakaian mode2008 landasan pacu menunjukkan
Untuk artikel sejarah rinci oleh periode, lihat Sejarah fashion Barat Awal pelancong Barat, baik ke Persia, Turki atau Cina sering berkomentar tentang tidak adanya perubahan dalam mode sana, dan pengamat dari budaya lain komentar pada kecepatan pantas fashion Barat, yang banyak orang merasa mengusulkan ketidakstabilan dan kurangnya ketertiban di budaya Barat. Sekretaris Shogun Jepang membual (tidak sepenuhnya akurat) ke pengunjung Spanyol tahun 1609 bahwa pakaian Jepang tidak berubah di lebih dari seribu tahun [2] Namun di Ming Cina,. sebagai contoh, ada bukti yang cukup untuk cepat mode perubahan pakaian Cina [3].
Perubahan kostum sering terjadi di masa perubahan ekonomi atau sosial (seperti di Roma kuno dan kekhalifahan abad pertengahan), tapi kemudian waktu yang lama tanpa perubahan besar diikuti. Hal ini terjadi di Moor Spanyol dari abad ke-8, ketika musisi terkenal Ziryab memperkenalkan gaya pakaian canggih berdasarkan timing musiman dan harian dari Baghdad nya asli dan inspirasi sendiri untuk Córdoba, Spanyol. [4] [5] Serupa perubahan mode terjadi di Timur Tengah dari abad ke-11, setelah kedatangan Turki yang memperkenalkan gaya pakaian dari Asia Tengah dan Timur Jauh. [6]
Pada awal dari kebiasaan di Eropa perubahan terus-menerus dan semakin cepat dalam gaya pakaian dapat cukup andal tanggal ke pertengahan abad ke-14, yang hiFernand Braudel tanggal awal fashion Barat di pakaian [7] [8]. Yang paling manifestasi dramatis adalah pemendekan drastis mendadak dan pengetatan garmen atas laki-laki, dari betis-panjang untuk hampir mencakup pantat, kadang-kadang disertai dengan isian di dada untuk terlihat lebih besar. Hal ini menciptakan garis laki-laki yang khas Barat top disesuaikan dikenakan di atas legging atau celana panjang.

Laju perubahan dipercepat jauh di abad berikut, dan wanita dan fashion pria, terutama dalam berpakaian dan menghiasi rambut, menjadi sama kompleks dan berubah. Seni sejarawan karena itu dapat menggunakan mode dalam gambar berpacaran dengan meningkatkan keyakinan dan presisi, sering dalam waktu lima tahun dalam kasus gambar abad ke-15. Awalnya perubahan dalam mode menyebabkan fragmentasi dari apa yang sebelumnya sudah sangat mirip gaya berpakaian di kelas atas Eropa, dan pengembangan gaya nasional khas. Ini tetap sangat berbeda sampai gerakan-counter di abad ke-18 ke-17 untuk dikenakan gaya yang sama sekali lagi, sebagian besar berasal dari Ancien Regime France [9]. Meskipun fashion biasanya dipimpin kaya, peningkatan kemakmuran Eropa modern awal menyebabkan borjuasi dan bahkan petani mengikuti tren pada jarak dekat kadang tidak nyaman untuk para elite -. satu faktor Braudel menganggap sebagai salah satu motor utama perubahan gaya [10]gambar Albrecht Dürer’s kontras borjuasi ternyata juga dari Nuremberg (kiri) dengan rekan dia dari Venesia. chopines tinggi Wanita Venesia itu membuat dia lebih tinggi
Sepuluh potret abad ke-16 dari pria Jerman atau Italia dapat menampilkan sepuluh sepenuhnya topi yang berbeda, dan pada periode ini perbedaan nasional paling diucapkan mereka, seperti Albrecht Dürer dicatat dalam kontrasnya aktual atau gabungan Nuremberg dan mode Venesia di akhir abad ke-15 (ilustrasi, kanan). The “gaya Spanyol” dari akhir abad mulai bergerak kembali ke sinkronisitas antara Eropa kelas atas, dan setelah perjuangan pada pertengahan abad 17, gaya Prancis tegas mengambil alih kepemimpinan, proses selesai pada abad ke-18. [11]
Meskipun warna dan pola tekstil berubah dari tahun ke tahun, [12] potongan mantel seorang pria dan panjang rompi, atau pola yang gaun wanita dipotong diubah lebih lambat. mode Pria sebagian besar berasal dari model militer, dan perubahan dalam siluet laki-laki Eropa galvanis dalam teater perang di Eropa, di mana petugas pria memiliki kesempatan untuk membuat catatan gaya asing: contoh adalah “Steinkirk” dasi atau dasi.
Laju perubahan dijemput di tahun 1780-an dengan publikasi peningkatan ukiran Perancis yang menunjukkan Paris terbaru gaya, meskipun telah ada pembagian boneka berpakaian dari Perancis sebagai pola sejak abad 16, dan Abraham Bosse telah menghasilkan ukiran fashion dari 1620. Pada 1800, semua orang Eropa Barat berpakaian mirip (atau pikir mereka):. Variasi lokal menjadi pertama tanda budaya provinsi, dan kemudian lencana petani konservatif [13]
Walaupun penjahit dan dressmakers ada keraguan bertanggung jawab atas berbagai inovasi sebelumnya, dan industri tekstil tentu dipimpin banyak tren, sejarah desain fashion biasanya diambil sampai saat ini dari 1858, ketika Charles kelahiran Inggris Frederick Worth membuka rumah haute couture pertama benar di Paris. Sejak saat itu desainer profesional telah menjadi tokoh semakin lebih dominan, meskipun asal-usul banyak mode street fashion. Untuk wanita gaya flapper dari tahun 1920 menandai perubahan paling utama dalam gaya selama beberapa abad, dengan pemendekan drastis rok panjang, dan pakaian pas jauh lebih longgar; dengan kebangunan rohani sesekali rok panjang bentuk panjang pendek tetap dominan sejak . Empat utama ibukota mode saat ini diakui sebagai Milan, New York City, Paris, dan London. Fashion minggu diadakan di kota-kota, di mana desainer memamerkan koleksi pakaian baru mereka untuk penonton, dan yang markas semua perusahaan mode terbesar dan terkenal dengan pengaruh besar mereka pada mode global.
Modern Barat memiliki berbagai pilihan tersedia dalam pilihan pakaian mereka. Apakah seseorang memilih untuk memakai dapat mencerminkan kepribadian orang itu atau suka. Ketika orang-orang yang memiliki status budaya mulai mengenakan pakaian baru atau berbeda tren fashion mungkin mulai. Orang yang suka atau menghormati mereka mungkin mulai mengenakan pakaian gaya yang serupa.
Fashions dapat bervariasi dalam suatu masyarakat menurut umur, kelas sosial, generasi, pekerjaan, dan geografi serta dari waktu ke waktu. Jika, misalnya, sebuah gaun orang tua sesuai dengan gaya anak muda, ia mungkin tampak konyol di mata kedua orang muda dan tua. ’Fashionista’ Istilah-istilah atau korban mode menyebut seseorang yang sangat merendahkan diri mengikuti mode saat ini.
Seseorang dapat menganggap sistem berbagai mode olahraga sebagai bahasa fashion menggabungkan laporan berbagai mode menggunakan tata bahasa mode. (Bandingkan beberapa karya Roland Barthes.)

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar